Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng

            Minyak Goreng yang telah terpakai atau yang biasa disebut oleh orang Jawa Minyak Jelantah ini adalah sebuah limbah yang dapat mencemari lingkungan. Membuang limbah minyak goreng ke air dapat menyebabkan pencemaran air, ke tanah dapat menyebabkan pencemaran tanah. Pencemaran ini dapat mempengaruhi ekosistem air atau dapat mempengaruhi ketidaksuburan tanah.
            Akan tetapi selain dampak negatif diatas limbah minyak goreng dapat kita maanfaatkan dan dapat kita daur ulang menjadi senthir tradisional. Orang yang ingin lebih hemat lebih baik menggunakan teknologi pembeharuaan ini. Saya telah membuktikannya sendiri, terinspirasi dari akal ibu yang bekerja di bagian chatering, untuk mengemat biaya beliau menggunakan daur ulang ini, selain lebih mudah, lebih praktis dan lebih menguntungkan. Orang-orang yang merasa keberatan dengan harga lilin yang semakin lama pasti akan semakin naik dan cepat habis dapat menggunakan teknologi ini. Sedangkan senthir yang kita kenal sejak jaman dahulu membutuhkan minyak patra untuk menyalakannya. Sementara sekarang ini harga minyak patra sudah melambung jauh, karena tidak di subsidi. Apabila mati listrik di malam hari, untuk menghemat biaya kalian bisa menggunakan pendaur ulangan ini dengan cara yang simpel yaitu :
  1. Setelah ibumu memasak, limbah minyak goreng jangan langsung dibuang. Tetapi masukan limbah itu di dalam suatu tempat misalnya gelas kecil, atau tutup rantang dsb.
  2. Belilah sebuah sumbu kompor di dekat rumahm,u, atau gunakan sumbu yang sudah tidak dipakai.
  3. Potong sumbu menjadi dua, dan
  4. Masukan pada gelas itu
Maka lama kelamaan minyak goreng itu akan naik ke atas sumbu dan membasahi sumbu karena peristiwa kapilaritas. Setelah sumbu basah nyalakan api di ujung sumbu.Maka sumbu itu akan menyala seperti senthir. Jagalah bumi kita, jangan biarkan bumi kita rusak karena hal hal yang sepele. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat mengurangi pencemaran karena limbah yang dibuang sembarangan. Saya sudah mencobanya sendiri dan berhasil, bukan rekayasa tetapi fakta. Terimakasih telah membacanya dan Selamat Mencoba :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH ESAI KEBERSIHAN SEKOLAH

Pengaruh Budaya Bacson-Hoabinh, Dongson dan Sa Hyunh terhadap Perkembangan Budaya Masyarakat Awal Indonesia

Descriptive Text about Hamster