Bukan UI tapi UNDIP



BUKAN UI TAPI UNDIP
Sebuah cerita tentang perjuangan menghadapi SNMPTN dan SBMPTN serta SIMAK

                              
Hai, udah lama ga main blog lagi, udaah banyak banget kisah satu tahun ini.
Mulai dari cerita Lulus, ditolak SNMPTN, ditolak SIMAK, nangis buka pengumuman SBMPTN. Kali ini aku mau cerita aja, buat anak anak SMA terutama kelas 3 yang lagi pusing-pusingnya nentuin jurusan apa yang akan kalian ambil di universitas. Disini aku mau ceritain aja suka duka kuliah, juga perjuangan dapetin sekolah yang penuh haru biru tangis air mata wkkw stop maap lebai dikit gakpapa ya. Tanpa berlama-lama langsung aja ya.
Jeeeng jeng. Bulan Januari 2015, waktu itu aku baru sadar kalo UN tinggal 3 bulan lagi, jujur aku terlalu santai buang-buang waktu cuma buat main, UN terakhir ini gak segreget UN sebelumnya. Jujur pas SMP aku beneran ngerasain yang namanya seharian di kamar cuma pegang buku cetak biologi, sampe hafal banget kata demi kata bahkan titiknya pun hafal, ding bercanda. Intinya bener-bener belajar, ngafalin, nulis rumus-rumus (maklum ya, aku ga bisa mencari rumus, cuma bisa modal hafalan, dan ini penyesalan wkwkw :p), semangat belajar waktu SMP itu tuh yang bisa bawa ke panggung 10 Ujian Sekolah waktu itu, bawa Ibu ke panggung dan itu emang tujuanku, mimpiku, sekaligus menjawab tantangan kakakku untuk membawa ibu ke panggung karena dulu kakak juga membawa ibu ke panggung. Eiit itu dulu, nah pas SMA nih ya kebetulan aku belajar di sekolah favorit. Nah, guru yang mumpuni sama fasilitas yang serba ada, alhamdulillah. Tetapi penyesalan emang datang terlambat, SMA memang masa yang indah tetapi kalau terjebak didalamnya kau akan menyesal kemudian, awalnya banyak hal yang aku sesalkan seperti, “kenapa dulu ga belajar?” “Kenapa baru sekarang paham,” alhasil impian tinggal impian. Itu aku ceritain nanti, sekarang balik ke masa SMA. Nah waktu tahunku itu tadinya UN mau pake computer alhasil digagalkan karena banyak sekolah yang gak siap. Aku baru sadar UN tinggal sebentar lagi bulan Januari, jadi kebut deh buat rangkuman, ngabisin soal, rajin les. Aduuuh kangen les di GO, di ajarin mba AN, mba Vita dsb yang suka gleweh karena di kelas ada partner in crime ku wkwk :p Sering daftar tambahan private di GO, bahas materi bareng temen. Nah 3 bulan belajar menurutku sangat kurang, dan di akhir aku hanya bisa bertanya, “Mengapa, Mengapa baru ku mulai?” tapi ya sudahlah. Tahunku kebetulan UN ga dipake sama sekali untuk penentu kelulusan, walaupun di Ijazah nanti ada keterangan nilainya tetapi sama sekali ga kepake, cuma formalitas. Nah alhasil anak-anak jamanku belajarnya pun formalitas mereka sibuk mikirin SNMPTN. Jujur akupun begitu, kaya mikir kalo pasti masuklah SNMPTN lagian aku dari SMA favorit, ambil apa ya. Banyak yang mikir gitu, konsultasi BK. Masih inget banget waktu Bu Ani bilang kalau selagi ada kesempatan ambil semua pilihan 1,2,3 isi semua karena ada kakak kelas yang masuk di pilihan 2 bahkan 3. Bener, emang bener banget faktanya emang ada, tapi siapa sih yang mau di duain. Aku aja gamau *maap curhat. Hampir semua universitas milih anak yang nyantumin univ-nya di pilihan satu. Ada sih yang di terima di pilihan 2 tapi asli karena emang dia pinter, inget dia pinter. Nah masuk nih ya ke cerita SNMPTN, pada pensaran kan?
Jujur dulu emang aku terlalu egois, egois bahwa kalo kita berdoa pasti Allah ngasih, tetapi apalah doa tanpa usaha. Salah strategi, salah langkah yang menyebabkan aku dapat pengumuman merah di SNMPTN, untung bukan aku yang buka. Jadi gini, dulu aku juga kaya kalian yang galau maksimal mau lanjutin kemana, nah tiap pulang dari sekolah naik angkot tuh ya, aku sempetin buka google daripada gabut nunggu penumpang lain, baca-baca deh kisah orang yang baru kuliah, nah kebetulan aku gasuka itung-itungan itulah mengapa aku menjauhi matematika aku suka biologi sama bahasa inggris, aku cari tuh jurusan apa yang pas. Nah ada satu cerita dari anak UI yang terakhir bilang kalo, “UI butuh kamu,” dari situ aku mulai melirik UI. Siapa coy yang gak bangga kuliah di Universitas yang pake nama negaranya sendiri disana isinya orang-orang hebat. Oke UI, sejak itu aku pengin banget masuk UI sampe acara-acara anak UI aku ikutin, aku kepoin dah pokoknya, lanjut apalagi ya waktu itu aku pengin masuk mikrobiologi ITB. Waw, tapi mindsetku dangkal, anak ITB sibuk, tiap hari belajar mulu gak ada waktu main. Galau daah pilih apa, waktu itu pertimbanganku, aku mau masuk kesehatan, kebetulan mbakku dokter. Alhasil, apa ya galau deh akhirnya. Aku tertarik Gizi, ya gizi UI tapi waktu itu ga ada kakak tinggat di gizi UI. Ganti apa ya, dokter? Jujur ini mindset yang salah, tapi ada benernya juga. Aku ga pengin dokter umum aku takut sibuk, aku pengin punya waktu banyak buat keluarga aku pengin anakku nanti cerdas karena didikan ibunya :’) tidak dokter. Tapi aku melirik saudaranya, ya dokter gigi. Aku memutuskan buat pilih dokter gigi, trus pilihan lain apa, galau lagi kan. Dulu aturannya 2 universitas 3 jurusan, alhasil karena tadinya minat jadi guru biologi tapi ga dapet restu dari ibu akhirnya aku ke kesmas, ya kata kakak kelas yang di UI, kesmas itu banyak belajar sosial. Aku awalnya gatau aku kira juga mengobati ternyata engga. Jadi keputusan final, aku milih FKG UI, Kesmas UI, Kesmas UNDIP. Aku punya saingan di masing-masing jurusan. Nah strategi yang salah, mungkin saat itu aku mikir, ya kali aja dapet. Salah besar jangan cuma ngandelin doa ya, SNMPTN yang banyak orang nganggep kocokan, tapi bener bener kita harus sadar posisi kita dimana, apakah nilai kita cukup jangan sampe kita ga manfaatin dengan baik. Disitu ada unsur “harus tau diri”. Jreng... SNMPTN selesai finalisasi, aku daftarnya bidikmisi ya. Keluargaku keluarga biasa, dan uang orang tua buat kakakku jadi kalo aku ga daftar BM mungkin aku ga kuliah, kenapa harus malu?
Lanjut UN pun datang, cepet banget rasanya, pagi-pagi berangkat gasik, bawa buku detik-detik ujian nasional, gabung sama anak kelas, review sambil tebak-tebakan kalo udah bel ya masuk kalo udah UN pulang kadang ada yang nyocokin jawaban, aku mah ga suka gitu, kali aja ada keajaiban wkwkw :v UN udah sebelum UN aku  minat daftar B3 kaya bimbel anak UI awalnya ga disetujuin sama ibu, tapi aku daftar yang ga bayar. Kenapa ikut? Tujuanku disana kali aja kalo belajar SBM deket univ-nya langsung jadi lebih semangat. Pas hari terakhir UN ada pengumuman ternyata masuk B3. Nah 3 hari setelah UN berangkat ke depok. Disana ga boleh pegang hp harus belajar terus, libur cuma minggu, buat yang ada gandengan mikir-mikir lagi ya, maapken ga bahas banyak karena ada sesuatu. Intinya aku belajar 2 bulan di depok, ga liat tv jadi kalo pulang kaya orang yang linglung gatau dunia luar, tapi luar biasa makasih kakak-kakak B3 Perhimak UI. Udaaah intinya aku ikut belajar SBM nah saat pengumuman SNMPTN dikumpulin dan ternyata gak ada nama aku, aku nangis dipelukan mba rheta sama mba shinta terus aku telp ibu nangis. Aku belajar mati-maatian sama fisika, aku nyesel karena kenapa dari dulu modal hafalan doang. SBM tiba, terus SIMAK ujungnya aku pilih FKG UI, UNPAD, Kesmas UNDIP. Mungkin jodoh sama yang terakhir jadi tiap TO dapet yang terakhir.
Pengumuman SBMPTN datang.
Waktu itu puasa, sebelumnya aku mimpi UI, tapi semu di mimpi itu aku di UI tapi lagi daftar, hari terakhir sebelum pengumuman aku dapet mimpi yang jelas banget. Di ruang keluarga laptop kutaruh diatas kasur busa sampingku ada ibu, emang sengaja aku minta nemenin masih pake mukena, abis salat ashar waktu itu terus baca Quran. Waktu mulai ku buka lamannya ga bisa dibuka, aku tau mesti banyak yang lagi buka juga. Pake laman UNDIP. Awalnya aku buka punya gandenganku, dia masuk di pilihan 1, lanjut aku buka punyaku. Deg! Selamat Anda dinyatakan lolos SBMPTN di Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat. “Ibu..” aku meluk ibuku nangis sekenceng-kencengnya, kenapa? “Ibu aku pengin UI,” bener-bener nangis lama sampe jendol mata, ibu Cuma nenangin, bapak bilang, “Ya, gakpapa syukuri aja, yang lain juga banyak yang belom beruntung, kamu harus bersyukur,” aaah bapeer jadi kangen ibu bapak kalo cerita ini :’)
Eh ibu tiba-tiba nelpon orang, “kok pake krama,” ternyata nelpon yang partner in crime. Akhirnya semua nenangin aku, lama-lama aku mulai tenang, menyadari kenyataan. Web tidak salah ketik sama sekali, berarti aku besok kuliah di Semarang. Seperti mimpiku sebelum buka pengumuman. Semarang, kota seperti apa itu, aku pernah kesana buat parade budaya nari lawet tapi udah lama banget. Hape bunyi banyak yang tanya hasilnya tapi sengaja gak kubalas, di laman facebook banyak yang berstatus ria, sementara aku menangis.
Aku masih berharap hasil simak karena pas simak agak bisa ngerjain tapi ternyata zonk, aku bener-bener harus ke UNDIP. Sempet aku minta izin daftar kebidanan UNPAD tapi karena banyak alasan sehingga aku tak mendapat izin. Mulai hari itu aku mejadi Calon Mahasiswa Universitas Diponegoro yang bahkan aku tak tau apa yang akan aku pelajari, mau jadi apa aku. Bersambung....
Jangan lupa baca kelanjutannya ya...


Tips memilih SNMPTN
  1. Anggap itu hanya bonus, kalian harus belajar sejak awal, asal kalian tau soal SBMPTN itu susah ya.    Kalo kalian belajar SBMPTN bisa jadi gampaang ngerjain UN karena UN jauh dibawah SBM tipe soalnya jadi kalo belajar selingan 
  2. Pilih jurusan sesuai nilai, jangan pasang passing grade ya soalnya SNMPTN gapake PG. Intinya kalo ada yang milih sama nilainya lebih tinggi, saranku cari yang lain aja kecuali nilaimu emang bagus banget Cuma jaraknya dikit aja sama saingan. 
  3. Jangan ngutamain ego. Aku mau FK aja pokoknya FK. Kalo temanmu ada yang milih sama mending cari tempat lain, mungkin FK tapi di tempat lain. Ubah ya mindset kalian bahwa, “Aku besar karena Universitasku, gantilah dengan, Universitasku besar karena aku,” Dimanapun kamu kerja yang ditanya bukan universitasnya kok. 
  4. Jangan takut jadi pioneer, misal aduh kakak kelasku ga ada yang masuk tahun sebelumnya, coba aja. Kita gatau nasib. 
  5. Sistem blacklist. Waktu sosialisasi banyak banget yang tanya apa sekolahku di blacklist. Selama ga ada surat tentang pemblacklistan ya kenapa takut, berarti kalo ga lolos ya mungkin nilainya kurang. Blacklist itu rahasia universitas, jangan takut. 
  6. Terakhir pesan yang bener bener penting, manfaatin kesempatan ya adek adek. SNMPTN ga datang dua kali. Pasang strategi pokoknya, jangan utamakan ego. Karena kalo udah SBMPTN kamu mau masuk FK, kalo kamu ga bener bener cerdas atau semangat belajar, jangan berani. SNMPTN dan SBMPTN itu saingannya se-Indonesia, apalagi SBMPTN yang ikut kakak tingkat yang belom dapet sementara udah mati-matian belajar, banyak banget kakak tingkat yang udah dapet univ tapi nyoba lagi.
Selamat merencanakan semoga beruntung.


Salam Damai Indonesia,
@cintyadiptap

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH ESAI KEBERSIHAN SEKOLAH

Pengaruh Budaya Bacson-Hoabinh, Dongson dan Sa Hyunh terhadap Perkembangan Budaya Masyarakat Awal Indonesia

Descriptive Text about Hamster